Kerusakan Audio Mixer dan Solusinya


1. Kerusakan Audio Mixer dan Solusinya

image
Masih berkaitan dengan belajar audio mixer hanya saja bahasan lebih khusus pada rusaknya alat bukan pengoperasiannya. Kerusakan umum pada audio mixer karena lamanya pemakaian biasanya suara yang dihasilkan tidak maksimal. Kadang suara menjadi cenderung kecil dibanding semestinya, mengecil sendiri, kemrosok, dan sebagainya. Gejala ini biasanya karena potensio atau fader pada mixer kotor, baik potensio geser maupun putar. Potensio dalam hal ini menyangkut semua yang ada di mixer, baik gain, volume master, pengatur frekwensi (low, mid dan high).

image

Bagaimana mengatasinya? Karena kemungkinan besar penyebabya adalah kotor oleh debu yang menmpel menutup arang dan menjadi isolator, memberatkan kinerja potensio, maka cukup bersihkan semua potensio dengan contak cleaner. Caranya 1. Siapkan alat, obeng, tang dN teman-temanya. Termasuk kain lap/tisu, kuwas kecil, kapas/coton bath. 2. Bongkar mixer Teliti dan telaten, karena banyak part yang perlu dicopot dan ditandai, agar pemasangan nantinya tidak salah. 3. Bersihkan debu kering dengan kain dan kuwas, kalo ada kompressor angin bisa ditiup dulu. 4. Siapkan contak cleaner bertekanan (mengandung gas layaknya cat semprot semacam pilox) dengan mini selang sebagai pengarah cairan agar tepat ke celah potensio. 5. Pilih contak cleaner yang tepat Biasanya terdiri dari 2 jenis, kering dan basah, basah untuk pembersihan pertama, ada kandungan oli. Sedang yang kering untung langkah penyemprotan selanjutnya sebagai pengering contak cleaner pertama. 6. Bersihkan sisa cairan dan daki/debu yang masih menempel dengan kain/tisu. Gunakan kapas/coton bath untuk bagian yang sulit dijangkau. 7. Jika sudah yakin, pasang kembali seperti semula. Lanjut Test cek sound

mixer digital allen & heath QU-16
mixer digital allen & heath QU-16

Hal ini berlaku bagi semua perangkat sound yang menggunakan potensio analog, seperti splitter, equalizer, speaker aktif, power amplie aktif dan sebagainya. Bagi yang berpengalaman, silahkan share ilmunya di kolom komentar. Sekian dulu kisah tukang service peralatan sound.


2. MIXER AMPLIFIER MCLELLAND AUDIO OUT TROUBLE

Diagnosa

Mixer amplifier McLELLAND jika dihidupkan tampak seperti tidak ada masalah, indikator secara keseluruhan berfungsi dengan baik yang menjadi masalah saat output dihubungkan ke speaker, ada suara yang mengganggu seperti storing dan semakin parah bila sudah agak lama dihidupkan.

Tampilan Mixer McLELLAND :

model-mclelland

Apakah yang menyebabkannya ? Segera saya selidiki ,

Seperti biasa paling awal selalu dimulai dengan memeriksa rangkaian power supply karena memang semuanya berawal dari sini, ada yang saya temukan didalam casing mixer McLELLAND yaitu selongsong Capasitor . Dari penemuan ini membuat pemeriksaan semakin mudah kenapa demikian ? Dengan adanya selongsong Capasitor menandakan adanya sistem regulator yang tidak benar fungsinya ( tegangan mengalami kenaikan sehingga Capasitor tersebut meledak ) . Untuk mengetahui posisi Capasitor tersebut langsung deh saya buka papan PCB , agak lama karena bautnya lumayan banyak dan setelahnya barulah saya temukan posisi Capasitor tersebut. Capasitor dengan nilai 100uf/16 volt ada dijalur B+ 15 volt , posisi dalam gambar  :

mixer-mclelland

Karena sudah ketemu lokasi Capasitor , langsung deh saya lakukan penggantian dan tinggal setahap lagi yaitu mencari penyebab naiknya tegangan jalur B+ 15 volt . Urut demi urut ahkirnya ketemu biang keladinya yaitu IC KA 7815 , posisinya terpasang di area regulator dimana disitu ada 1 Transistor TIP41 dan 2 IC KA7815 | 1 IC KA7915 . IC KA 7815 yang rusak posisinya :

regulator

Tegangan supply saat kita hidupkan terukur 19 volt yang seharusnya 15 volt , setelah saya pasangkan IC KA7815 baru tegangan out sudah kembali normal yaitu 15 volt . Tahap akhir tinggal memasangkan secara keseluruhan PCB regulator serta sistem mixer yang sebelumnya saya lepasakan. Setelah selesai saatnya ujicoba hasilnya Alhamdulillah mixer McLELLAND sudah berfungsi dengan normal, efek storing tidak terdengar lagi .

Inilah sedikit coretan yang saya tuliskan semoga bisa bermanfaat


3. MIXER BEHRINGER XENYX 2222 FX VOLUME MASTER TROUBLE

Diagnosa:
Mixer Behringer Xenyx 2222 fx jika dihidupkan indikator terlihat normal yang jadi permasalahan adalah saat dihubungkan ke amplifier,,, suara tidak terdengar ketika volume master dibesarkan gainnya

Model mixer Behringer :



Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki .

Secara umum jika terjadi kerusakan seperti ini selalu berkisar di area pengaturan gain yaitu di komponen Potensio model geser , tapi untuk kasus kali ini hal ini tidak berlaku karena setelah saya bersihkan tetap tidak membawa hasil. Keadaan papan PCB saya perhatikan seperti berminyak permukaannya tapi hanya bagian atasnya saja, kemungkinan pernah di semprot cairan pembersih ( contact cleaner ) . Dengan kondisi seperti ini saya menyimpulkan ada jalur yang putus, terkait adanya cairan yang telah lama menempel di PCB tersebut. Satu hal yang sangat merepotkan saat membaca jalur tembaga yang ada di PCB , jalur tembaga sangat halus ditambah penggunaan papan PCB yang berwarna . Untuk membantu pengurutan jalur yang ada di papan PCB saya gunakan LUB ( kaca pembesar ) dan proses ini sangat memakan waktu . Model papan PCB-nya :



Kerusakan berkisar di volume master jadi pengurutan jalur saya lakukan di area ini , setelah beberapa lama ditelusuri akhirnya didapatkan hasil.  Jalur ( B+ 15 volt ) untuk IC JRC4558 kondisinya tidak terhubung, dan untuk perbaikan  cukup dengan menyambungkan kabel dari IC JRC 4558  yang ada disebelahnya , seperti ini contohnya:



Hasil akhirnya , Alhamdulillah sistem volume master sudah berfungsi normal .

Tips , Rangkaian mixer mempergunakan banyak IC dan rata-rata memakai type yang sama , poinnya saat melakukan pemeriksaan bila terjadi putus jalur adalah dengan mengukur tegangan VCC- dan VCC+ dikaki IC tersebut . Carilah datasheet IC yang diperlukan dan setelah diketahui lokasi pinout  untuk VCC – dan VCC+ barulah lakukan pengukuran . Sistem rangkaian pre amp mixer untuk VCC – dan VCC+ adalah pararel dari IC 1 dan IC2 dan seterusnya . Inilah sedikit cerita perbaikan mixer Behringer Xenyx 2222 Fx, semoga bisa bermanfaat.





sumber:
triyantobanyumasan.com
www.hamimservis.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Spul Speaker

Cara Memperbaiki Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)

Cara Mengatasi Dengung Pada Amplifier