Cara Membuat Antena Tv UHF


Cara Membuat Antena TV ( UHF ) Sederhana


Cara Membuat Antena TV ( UHF ) Sederhana - Sudah punya antena untuk TV nya dirumah belum nih ? Atau bahkan sudah ada yang rusak ?. Wah kebetulan nih, saya ingin berbagi sedikit ilmu ini mengenai cara membuat Antena TV sederhana. Ilmu ane ini mungkin sudah lama terpendam sejak lama waktu masih jaman kelas X dulu hehe. Mari lihat yuk proses pembuatannya

A. Pertama siapkan alat dan bahannya seperti dibawah ini :

Alat :

1. Obeng
2. Bor
3. Gergaji Besi
4. Penggaris / Meteran


Bahan :

1. Batang Aluminium bundar ± 6 meter
2. Aluminium kotak
3. Box Antena
4. Kabel RG-6 ( Coaxial ) 5 meter
5. Mur/Baut

B. Carilah frekuensi Tv yang diingikan kemudian carilah lamdanya dengan rumus ( lamda = C/F ). Dimana C merupakan kecepatan cahaya ( 3 x 10^8 ) dan F adalah frekuensi channel Tv tadi yang dicari dalam satuan MHz. Contoh beberapa Frekuensi Saluran TV di Indonesia

SCTV = 3756 MHz
TVRI = 3765 MHz
RCTI = 3774 MHz
TV One = 3786 MHz
Global TV = 3934 MHz
INDOSIAR = 4000 MHz
METRO TV = 4055 MHz
TRANS 7 = 3990 MHz
ANTV = 4014 MHz
TRANS TV = 4086 MHz

Ingat : 

Anda boleh menggunakan satu lamda, setengah lamda atau bahkan seperempat lamda. Itu semua tergantung dari selera Anda, namun itu juga dapat mempengaruhi kualitas dari gambar yang diterima. Dimana semakin besar lamda yang digunakan maka hadil yang didapat juga akan maksimal. Namun tidak menutup kemungkinan juga yang kecil lamdanya hasilnya nanti tidak bagus.

C. Setelah itu potonglah batang aluminium bundar sesuai dengan panjang lamda yang telah dihitung untuk setiap directory. Kemudian nanti directorynya diberikan lubang kecil ditengah untuk tempat mur/baut.

D. Ambillah aluminium kotak tadi kemudian lubangi aluminium kotak itu masing-masing jarak setiap directory 5cm. Lalu bor lah ketika telah ditandai.

E. Setelah aluminium kotak tadi telah selesai di bor dan semua directory telah jadi maka masukkanlah satu persatu directory ke dalam aluminium kotak tadi. Lalu ambillah mur/baut, dan obeng untuk mengencangkannya.

F. Setelah semua directory telah terpasang dengan baik pada aluminium kotak tadi, maka kita tinggal memasang box antena nya saja lalu kencangkan dengan obeng.

G. Akhirnya jadilah antena Tv sederhana seperti gambar di bawah ini.



Demikianlah postingan kami mengenai Cara Membuat Antena TV ( UHF ) Sederhanasemoga saja sahabat semuanya bisa mempraktekkannya. Selamat mencoba yah, memang awalnya ketika Anda ingin mecoba sesuatu itu akan terasa sulit namun pada akhirnya setelah dijalani ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.
sumber:http://blogpanik.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-antena-tv-uhf-sederhana.html#.W5OwHtIzbIU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Spul Speaker

Cara Memperbaiki Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)

Cara Mengatasi Dengung Pada Amplifier